Senin, 28 Maret 2016

Mau Hobi Memancing, Apakah sudah siap?

            Tak pelak lagi jika memancing itu adalah olahraga yang sangat menyenangkan. Bagi sebagian orang, atau bagi orang yang belum mengenal mancing dan bahkan tidak menyenangkan sama sekali bagi sebagian mereka. Apalagi jika sudah merasakan sensasi dtrike dan hasil yang lumayan, maka cukup menjadi daya tarik untuk selalu mengulang. Hanya saja memancing itu adalah olahraga yang mahal dan menghabiskan waktu yang lama. Keindahan memancing tidak semudah yang dibayangkan dan ditayangkan di acara program televisi.
            Jika memang benar-benar serius akan dan ingin mendalami dunia memancing,maka ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab ;
.  apa tujuan memancing
            Tentu saja jika dari judulnya sebagai hobi dan rekreasi alam, maka jawaban dari tujuan memancing sudah cukup memadai. Hanya butuh tambahan ilmu tentang memancing dengan membaca atau bertanya pada ahlinya. Tetapi jika tujuannya adalah untuk mencari uang walaupun sekedar uang tambahan, maka sangat besar kemungkinannya ini berakhir dengan kekecewaan. Sebaiknya anda tinggalkan hobi mancing karena masih banyak pilihan lain yang lebih baik dari pada memancing dalam menghasilkan uang.
.  berapa uang yang sanggup dihabiskan
            Setelah bertanya pada mereka yang lebih ahli, maka minimal uang yang puas untuk bisa memancing di laut adalah sebesar 5 (lima) juta. Dengan kisaran sejumlah uang tersebut, kita bisa melakukan mancing teknik jigging (tarik umpang metode zigzag) di agak tengah laut dengan berat ikan yang bisa didapat di bawah 15 kilo. Uang dengan jumlah tersebut mampu untuk membeli rod (batang) pancing, reel pancing dan komponen pelengkap lainnya. Itu masih minimal. Semakin besar uang yang anda anggarkan maka semakin besar pula tantangan yang ingin dirasakan. Jika ingin rugi, maka rugi sekalian.
            Jika budget di bawah 5 juta, sebaiknya memancing di pinggir pantai atau sungai. Jika bergerak agak ke tengah laut, maka akan terjadi kerusakan pada pancing seperti putus benang, pecah reel pancing atau bahkan patahnya gagang pancing (rod). Tentu saja ini kesia-siaan belaka. Sangat tidak dianjurkan meminjam alat pancing orang lain, apalagi di tempat beresiko tinggi. Hal ini juga berpotensi memperburuk hubungan antar sesama teman.
.  berapa waktu yang sanggup dibuang
            Pernah membayangkan memancing berlama-lama tetapi tidak dapat ikan..!!! Lalu bagaimanakah jika ini terjadi berulang kali! Selain waktu yang terbuang percuma, sebenarnya bisa diakali dengan menghafal, mengulang hafalan Al Quran atau kosa kata vocabulary sambil memancing di spot yang indah. Memancing sambil menikmati keindahan alam. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau pun orang atau kawan terdekat. Minimal dengan cara-cara seperti di atas waktu yang terbuang pun lebih berkualitas.

           Selain cara-cara atas, seorang calon angler (pemancing) juga harus menambah ilmu di bidang pemancingan. Dituntut juga harus mengenal cuaca dan prilaku ikan. Pengenalan alat-alat mancing mutlak diperlukan supaya usaha tidak percuma. Dan terlebih lagi dari petunjuk di atas, maka  seorang pemancing sangat dituntut  memiliki kesabaran yang tinggi baik ketika sedang tidak dapat ikan maupun ketika strike.
Selamat bermancing ria ...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar